Berita

    Penyebab Speedometer Mobil Tidak Akurat dan Error

    Pada kondisi tertentu, ada kalanya jarum speedometer mobil tiba-tiba tidak berfungsi. Jika speedometer error, hendaknya segera dibawa ke bengkel terdekat guna dilakukan perbaikan. 

    Pasalnya, akan sulit bagi Anda untuk mengontrol laju kecepatan mobil sehingga berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan. 

    Tidak hanya itu, rusaknya speedometer juga berdampak pada panel lain yang ada pada mobil, salah satunya adalah odometer (indikator jarak tempuh). Mengapa indikator laju kendaraan pada mobil bisa rusak? Ini penyebabnya! 

    Mengenal 3 Penyebab Speedometer Error

    Beberapa kondisi yang membuat panel indikator menjadi eror diantaranya adalah jarum penunjuk speedometer yang tidak bergerak atau bahkan gerakannya tidak stabil alias berputar sangat cepat. 

    Setidaknya ada tiga hal yang menyebabkan speedometer tidak berfungsi sebagaimana mestinya, antara lain: 

    • Sistem Kelistrikan

    Hal pertama yang membuat speedometer error adalah terjadi masalah pada bagian sistem kelistrikan. 

    Misalnya saja terjadi konsleting karena ada soket atau kabel penghubung antara gearbox sumbu roda bagian depan dengan panel indikator yang putus. 

    Hal tersebut mengakibatkan aliran listrik pada mobil secara otomatis akan terhenti dan berdampak pada speedometer

    Kondisi ini membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut secara mendetail, salah satunya adalah mengecek jalur kabel yang menuju ke bagian speedometer. Anda bisa memperbaiki posisi kabel jika hanya tertekuk saja. 

    Namun bila tidak munculnya aliran listrik dikarenakan ada kabel atau soket yang putus, maka disarankan untuk segera menggantinya dengan kabel yang baru. 

    • Sensor Speedometer Rusak

    Kemungkinan kedua yang menyebabkan speedometer menjadi error bisa dikarenakan bagian sensornya yang tidak lagi berfungsi dengan baik. Komponen yang terletak di bagian transmisi ini memiliki fungsi sebagai pendeteksi tingkat kecepatan mobil. 

    Ketika terjadi malfungsi di bagian sensor, maka laju kendaraan tidak akan bisa diprediksi. Pada mobil EFI (Engine Fuel Injection), kerusakan sensor juga berimbas pada lampu indikator check engine yang terlihat menyala. 

    Sensor Speedometer Rusak

    Pexels.com

    Pada tipe mobil yang dilengkapi dengan rem ABS, sensor speedometer akan terpasang pada bagian roda. 

    Itu sebabnya, salah satu penyebab speedometer error pada mobil tipe ini adalah jika sistem rem ABS tersebut mengalami kerusakan. 

    Dengan kata lain, sangat penting bagi pemilik kendaraan untuk memberi perhatian khusus pada komponen sensor ini agar bisa tetap berfungsi dengan baik. 

    Selain tipe mobil dengan sistem rem ABS, ada juga yang masih menggunakan tali speedo. Apabila komponen tali ini putus, maka jarum speedometer pun menjadi tidak bergerak. 

    • Panel Error

    Penyebab speedometer pada mobil menjadi tidak berfungsi bisa disebabkan karena terjadi error di bagian panel. Saat ini terjadi, maka jarum speedo secara otomatis tidak akan berfungsi dengan baik atau bahkan mati. 

    Ini dikarenakan kondisi komponen tersebut memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap indikator petunjuk. Ketika panel rusak, ada dua kemungkinan yang akan terjadi. 

    Pertama, baik angka maupun jarum penunjuk yang ada pada bagian speedometer akan terlihat samar. Kedua, speedometer tidak berfungsi sama sekali alias mati total. Untuk bisa mengecek kinerja bagian ini dibutuhkan alat yang bernama erna scan tool. 

    Dengan bantuan alat ini, Anda bisa mengetahui panel mana yang bermasalah. Apabila panel indikator hanya kotor, Anda bisa membuka bagian ini dan dibersihkan. Namun apabila rusak, maka satu-satunya cara panel tersebut harus segera diganti. 

    Itulah ketiga hal yang bisa menjadi penyebab terjadinya kerusakan pada speedometer. Intinya, kenali terlebih dahulu tipe mobil yang Anda miliki agar lebih mudah dalam mendeteksi penyebab speedometer menjadi error

    Apakah dikarenakan adanya masalah pada bagian sensor kecepatan, sistem kelistrikan, eror di bagian panel ataukah tali speedometer yang putus.