Berita

    Tips Memilih Ban Mobil yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

    Ban adalah komponen penting bagi mobil Anda. Terlebih lagi, ban-lah yang langsung bergesekan dengan jalan sehingga mempengaruhi laju mobil. Itulah mengapa tips memilih ban mobil yang tepat diperlukan.

    Secara singkat ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam tips ini. Misalnya adalah merek ban tersebut dan spesifikasinya. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat ulasan di bawah ini.

    Tips Memilih Ban

    Seperti yang telah disinggung sebelumnya, ban adalah salah satu komponen penting bagi mobil sehingga perlu dipilih dengan seksama. Adapun berbagai hal yang bisa Anda gunakan untuk memilih ban antara lain.

    • Cek Merek

    Saat ini terdapat banyak merek ban yang dijual di pasaran. Namun Anda perlu berhati-hati karena tidak semua merek ban tersebut mempunyai kualitas bagus sehingga dapat merugikan diri maupun mobil Anda.

    Lebih baik Anda memilih merek yang memang telah populer di kalangan masyarakat. Umumnya, merek tersebut mempunyai kualitas baik dan terpercaya.

    Bagaimanapun juga, Anda perlu berhati-hati dengan barang tiruannya. Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikan secara detail saat pemilihan maupun penggantian ban tersebut.

    • Sesuaikan Spesifikasi

    Setiap mobil mempunyai spesifikasi bawaan mengenai ban apa yang cocok. Spesisikasi ini sudah disesuaikan dengan beban dan aspek-aspek penting lainnya sehingga mobil bisa berjalan dengan optimal.

    Umumnya, spesifikasi ban ini dapat ditemukan dalam buku manual kendaraan. Di buku tersebut juga tercantum informasi lain yang masih berkaitan dengan ban, seperti kecepatan maksimum jika menggunakan spesifikasi ban tersebut.

    Jika kesulitan, maka Anda bisa mengonsultasikannya kepada mekanik profesional. Akan lebih baik lagi jika Anda bertanya terhadap spesifikasi tersebut pada bengkel resmi.

    spesifikasi ban

    Unsplash.com

    • Cek Tahun

    Tips memilih ban selanjutnya adalah mengecek tahun pembuatannya. Setiap ban pasti memiliki informasi tersebut. Letaknya pada bagian samping ban. Jadi Anda perlu memeriksanya saat membeli ban tersebut. 

    Hal ini penting dilakukan karena meskipun ban belum pernah terpakai dan tak tampak aus, umur tetap akan mempengaruh kualitasnya karena berbagai faktor lingkungan. Dengan demikian, ban tidak bisa berfungsi secara semestinya.

    Lebih baik Anda memilih ban dengan usia maksimal satu tahun untuk performa yang optimal. Hindari pemilihan ban yang sudah lebih dari lima tahun.

    • Cek Pola

    Setiap ban pasti memiliki alur. Alur ini berfungsi agar ban bisa mencengkeram jalan dengan baik sehingga tak mudah tergelincir saat mobil sedang berjalan. Alur ban juga mempengaruhi keberhasilan sistem pengereman.

    Namun yang perlu diperhatikan adalah masing-masing ban mempunyai pola alur berbeda. Oleh sebab itu, Anda harus memilihnya dsecara seksama dan menyesuiakkannya dengan kondisi jalan yang dilalui sehari-hari.

    Contohnya bila Anda lebih banyak melalui jalan aspal yang bagus dan licin, maka ban yang lebih beralur bisa dipertimbangkan.

    • Perhatikan Ketebalan

    Setiap ban memiliki ketebalan yang berbeda-beda. Ketebalan ini juga akan mempengaruhi performa  ban itu sendiri. Jadi, Anda perlu memilih ketebalan yang sesuai dengan kendaraan.

    Jika masih belum tahu ketebalan ban seperti apa yang sesuai dengan kendaraan, maka Anda bisa mengeceknya. Biasanya informasi tersebut terdapat di stiker dekat dengan jok pengemudi.