Berita

    Waspada, Ini Dia Penyebab Utama Jarum RPM Mobil Mati!

    Banyak permasalahan mobil yang tentu dapat dijumpai oleh Anda, salah satunya adalah jarum RPM mobil mati. RPM atau Revolutions per Minute merupakan komponen pada mobil yang menunjukkan putaran mesin dan biasanya terletak pada dasbor mobil Anda.

    Komponen satu ini sangat vital fungsinya, namun sekaligus juga menjadi komponen yang mudah mendapatkan gangguan atau masalah. Pada artikel kali ini akan dibahas apa saja penyebab utama jarum RPM pada mobil Anda bermasalah.

    3 Penyebab Jarum RPM Mobil Mati

    Anda tentu sudah mengetahui jika RPM menjadi komponen vital dalam mengendarai mobil. Maka dari itu, jika komponen satu ini mati atau rusak, maka wajib untuk segera diperbaiki. Sebelumnya, Anda juga wajib mengetahui berbagai penyebab jarum RPM pada mobil mati berikut ini:

    • Sistem Kelistrikan Bermasalah

    Masalah RPM mobil yang mati menjadi masalah paling umum dan juga dapat terjadi pada kendaraan milik siapa saja. Maka dari itu, penyebab jarum RPM mobil mati yang utama adalah tentu pada sistem kelistrikan mobil Anda.

    Jika Anda ingin mengetahui penyebab RPM mati dari sisi sistem kelistrikan, maka Anda cukup memeriksa sirkuit kabel tachometer pada bagian mesin mobil. Pemeriksaan kabel tersebut dapat mendeteksi konsleting atau error pada rangkaian listrik RPM mobil Anda.

    Ketika kelistrikan pada mobil bermasalah, Anda juga wajib waspada pada komponen kelistrikan yang lainnya. Contohnya seperti kondisi aki mobil, kondisi lampu depan mobil dan sebagainya. Alasannya adalah karena sistem kelistrikan ini menjadi sistem vital dalam mesin mobil.

    • Kesalahan Pada Panel

    Penyebab kedua adalah adanya kesalahan pada panel speedometer mobil milik Anda. Jika panel speedometer rusak, maka indikator RPM akan mati dan tidak berfungsi. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan satu ini adalah dengan menggunakan kabel tachometer.

    Jika setelah didiagnosa dengan scan tool dan tachometer tidak berhasil, maka langkah selanjutnya adalah membawa mobil Anda pada bengkel resmi dan spesialis terdekat. Karena Anda wajib mengganti panel lama dengan panel yang baru.

    • Masalah Pada Sistem Kalibrasi

    Masalah yang menjadi penyebab lain jarum RPM mobil mati berikutnya adalah pada sistem kalibrasi. Artinya, kalibrasi tachometer yang tidak sinkron seperti pembacaan yang lebih tinggi atau lebih rendah dari sebenarnya. Hal ini membuat masalah pada RPM mobil Anda tidak terselesaikan.