Berita

    Yuk, Cari Tahu Cara Kerja Mobil Transmisi Manual

    Di tengah banyaknya tipe mobil transmisi otomatis atau matic, mobil bertransmisi manual masih jadi pilihan banyak orang. Cara kerja mobil transmisi manual ini sebenarnya tidak begitu rumit. Mari pahami lebih lanjut lewat pembahasan berikut. 

    Cara Kerja Mobil Transmisi Manual

    Sebelum menggunakan jenis mobil tertentu, penting untuk memahami seperti apa sistem transmisinya. Begitu juga dengan sistem transmisi manual ini. Sesuai namanya, ini merupakan jenis mobil yang transmisinya digerakkan sendiri secara manual. 

    Transmisi atau gigi pada mobil akan digerakkan secara manual lewat komponen yang disebut sebagai persneling. Transmisi ini ada di bagian kotak gigi atau disebut gearbox dan punya beberapa ukuran kecepatan. 

    Pengaturan transmisi mobil manual tidak hanya memakai tuas di bagian tengah. Pengemudi juga harus menggerakkan pedal gas dan kopling dengan teknik yang benar. Ketiga komponen ini akan menggerakkan mobil sesuai dengan kebutuhan putaran. 

    Prinsip kerja mobil bertransmisi manual ini memakai rasio roda gigi. Jika rasio roda gigi dalam sistem transmisi besar maka kecepatan yang dihasilkan pada mobil juga akan semakin tinggi. 

    Prinsip kerja tersebut dikenal sebagai prinsip momen. Jadi perbandingan roda gigi akan memberikan pengaruh terhadap momen yang sesuai dengan beban pada mesin. 

    Mobil Transmisi Manual saat Jalanan Menanjak

    Setelah memahami cara kerja mobil transmisi manual tadi, maka Anda perlu tahu seperti apa contoh pengaplikasiannya. Jika dibandingkan mobil matic memang jenis mobil manual lebih sulit dioperasikan sehingga butuh pemahaman yang matang. 

    Mari buat contoh kondisi dimana pengemudi sedang berada di jalanan menanjak. Di saat seperti ini, mobil membutuhkan tenaga putar atau torsi yang jauh lebih besar. Torsi tersebut didapatkan dengan cara mengurangi kecepatan putar transmisi gigi. 

    Jika transmisi gigi sudah berkurang sampai kapasitas yang dibutuhkan maka torsi akan muncul lebih besar dengan besar daya yang sama. Hal ini akan membantu mobil bisa melaju di jalan menanjak secara mulus. 

    Banyak sekali pengemudi mobil transmisi manual yang kurang menguasai teknik berkendara di jalanan menanjak seperti ini. Apalagi bagi para pengemudi amatir yang baru saja belajar. Padahal prinsipnya sangat mudah dan kuncinya jangan panik. 

    Saat jalanan menanjak biasanya pengemudi sudah panik duluan. Jadi lebih baik tenang dulu kemudian ingat prinsip dibutuhkan torsi besar saat menanjak sehingga kecepatan putar transmisi gigi harus dikurangi. 

    Mobil Transmisi di Jalanan Landai