Berita

    Jangan Panik! Cara Menghadapi Ban Mobil Pecah di Jalan

    Situasi darurat yang terjadi ketika sedang berkendara di jalan bisa terjadi kapan saja dan menimpa siapa saja. Salah satu kondisi darurat yang mungkin saja terjadi, yaitu ban mobil pecah.

    Ketika ban mobil Anda pecah, sebaiknya Anda jangan panik. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan guna menghadapi situasi darurat seperti ini.

    Penjelasan lebih lengkapnya terkait cara-cara untuk menghadapi ban mobil yang pecah akan dibahas pada poin-poin di bawah ini.

    Cara Menghadapi Ban Mobil Pecah Saat Berkendara

    Salah satu masalah yang mungkin saja dialami ketika berkendara di jalan menggunakan mobil, yaitu ban pecah. Perlu diketahui bahwa ada beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan mobil Anda ini mengalami pecah ban.

    Alih-alih panik, berikut ini akan dijelaskan mengenai cara atau langkah yang bisa dilakukan saat mengalami kejadian ban pecah saat berkendara.

    • Menjaga Kendali Kendaraan

    Ketika mobil Anda mengalami pecah ban saat berkendara, menerapkan sikap jangan panik adalah kunci utamanya. Sembari mencoba untuk tetap bersikap tenang, Anda perlu untuk menjaga kendaraan Anda agar tetap terkendali.

    • Mengurangi Kecepatan dengan Aman

    Selain perlu menjaga kendaraan Anda agar tetap terkendali, cara berikutnya yang juga perlu dilakukan, yaitu mengurangi kecepatan secara perlahan.

    Begitu ban mobil Anda pecah, hindari untuk melakukan pengereman secara mendadak. Alih-alih langsung berhenti, mengerem mendadak bisa membuat mobil jadi sulit untuk dikendalikan.

    Tidak hanya itu, mengerem mendadak juga bisa membuat Anda kesulitan memperkirakan gerakan dan arah mobil hingga membuat mobil berisiko terbalik.

    Untuk itu, dengan bahaya ini, ketika ban mobil Anda pecah, sebaiknya jangan langsung mengerem mendadak dan cukup kurangi kecepatan berkendara saja.

    • Mengusahakan Kemudi Tetap Lurus

    Cara berikutnya yang juga bisa Anda lakukan ketika menghadapi ban mobil yang pecah, yaitu mengusahakan untuk membuat kemudi agar tetap lurus. Ketika sudah mengetahui ban mobil mana yang pecah, tahan dengan sekuat tenaga agar posisi kemudi tetap lurus.

    • Hindari Menetralkan Gigi

    Mobil yang mengalami pecah ban sebaiknya menghindari membuat gigi dalam posisi netral. Mengapa? Pasalnya bila gigi berada di posisi netral, hal ini hanya akan membuat mobil jadi melaju dengan lebih kencang.

    • Melepas Pedal Gas