Berita

    Mengenal Avometer dan Kegunaannya

    Seiring dengan perkembangan kendaraan belakangan ini, kelistrikan pada sebuah mobil makin lama semakin rumit. Untuk itu, perlu pemeriksaan lebih detail untuk memastikan kelistrikan kendaraan berada dalam kondisi yang optimal.

    Untuk memeriksa kelistrikan diperlukan beberapa alat pendukung, salah satunya adalah AVOmeter. Ini adalah alat ukur khusus untuk kelistrikan yang jika dibandingkan dengan alat ukur listrik lainnya, AVOmeter terbilang lengkap. Sebab, AVOmeter dapat mengukur beberapa hal sekaligus. AVO sendiri merupakan sebuah singkatan dari Ampere (satuan arus listrik), Volt (satuan tegangan listrik, baik itu arus AC maupun DC), dan Ohm (satuan resistansi atau hambatan listrik).

    Fungsi Avometer

    AVOmeter adalah untuk mengukur arus listrik, tegangan listrik (AC dan DC), sekaligus resistensi. Jadi, bisa dibilang bahwa AVOmeter merupakan multimeter atau multitester. Teknisi alat elektronik dan teknisi instalasi listrik sangat sering menggunakan alat ini, termasuk pula teknisi mobil. Ini karena mobil modern juga merupakan benda elektronik yang memiliki sistem kelistrikan di dalamnya.

    Selain itu, fungsi AVOmeter juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan lain yang masih berhubungan dengan kelistrikan, seperti:​​​​​​​

    ·         Mengukur tegangan listrik jenis AC (pada instalasi listrik bangunan).

    ·         Mengukur tegangan listrik jenis DC (pada aki atau baterai).

    ·         Mengukur arus listrik DC. Khusus untuk fungsi ini, AVOmeter analog mampu mengukur arus hingga 250mA, sedangkan AVOmeter digital bisa mencapai 10A.

    ·         Mengukur tingkat konektivitas sebuah kabel atau connector.

    ·         Menentukan kualitas transistor.

    ·         Mengukur tingkat resistensi atau hambatan sebuah resistor.

    ·         Mengukur kualitas capacitor.

    Jenis-jenis AVOmeter

    Jika dilihat dari cara penggunaannya, AVOmeter dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu analog (manual) dan digital (otomatis). Berikut penjelasan mengenai masing-masing jenis AVOmeter.

    • AVOmeter analog

    Ciri khas dari AVOmeter analog adalah tampilan display yang dilengkapi dengan jarum penunjuk hasil pengukuran. Untuk mengetahui hasil pengukuran, Anda harus melihat angka yang ditunjuk jarum tersebut.

    Fungsi AVOmeter analog cocok untuk mengukur sinyal yang kekuatannya fluktuatif. Selain itu, model ini juga lebih terjangkau jika dibandingkan dengan AVOmeter digital. Sayangnya, cara membaca hasil pengukuran pada AVOmeter analog terbilang sulit. Anda harus teliti melihat jarum penunjuk hasil untuk mendapat hasil yang akurat.

    • AVOmeter digital