Berita

    Power Window: Peran Pentingnya dalam Menggerakkan Jendela Mobil

    Power window adalah salah satu komponen pada mobil yang bermanfaat untuk menggerakkan kaca jendela hanya dengan satu tombol saja. Meski sebuah komponen, namun power window tidak berhubungan dengan mesin kendaraan.

    Lebih tepatnya, komponen ini adalah gabungan dari teknologi mekatronik yang bisa menciptakan energi untuk menaikkan dan menurunkan jendela.

    Kehadiran power window adalah salah satu bentuk kemajuan teknologi otomotif yang tentunya bisa memberikan kenyamanan kepada setiap pengguna kendaraan mobil dan roda empat lainnya. 

    Selain kenyamanan, keamanan juga dapat diperoleh karena pengendara bisa secara langsung mengatur seluruh jendela di dalam mobilnya hanya dengan menekan satu tombol power window yang berada di sampingnya.

    Komponen pada Power Window

    Di dalam power window, terdapat komponen-komponen yang saling berhubungan untuk mendukung teknologi tersebut dapat bekerja dengan sempurna. Berikut adalah 6 komponennya:

           1. Aki

    Aki adalah salah satu komponen  dari power window yang sangat penting. Aki mempunyai fungsi sebagai sumber listrik dan energi yang berguna untuk mendorong power window.

           2. Sekring

    Sekring merupakan komponen yang bertugas untuk membatasi pengaliran arus listrik yang terlalu besar di power window. Dengan adanya komponen ini, resiko kabel pada power window terbakar dapat dihindari.

           3. Saklar

    Saklar adalah komponen yang berguna untuk mengaktifkan listrik di power window. Dengan saklar ini pula, pengendalian agar kaca bisa bergerak naik turun dapat terjadi.

           4. Power Window Motor

    Power window motor adalah komponen yang berfungsi untuk mengubah energi listrik dari aki menjadi energi gerak atau putar sehingga jendela bisa bergerak naik dan turun.

           5. Transfer Gear

    Ketika energi listrik berubah menjadi energi gerak atau putar, maka komponen berupa transfer gear akan bekerja untuk menyalurkan energi putar tersebut ke pulley

           6. Kawat Penghubung

    Saat pulley berputar, glass holder yang dihubungkan dengan kawat penghubung ini, akan tertarik. 

    Cara Merawat Power Window

    Demi menjaga power window bisa tetap awet dan tahan lama, maka perawatan sangat perlu dilakukan. Secara biaya, perawatan power window dijamin lebih murah daripada menggantinya ketika rusak.