Berita

    Terungkap, Ini Dia Fungsi Lampu DRL Mobil yang Akan Membuat Anda Aman dalam Berkendara

    Bagi pecinta otomotif mungkin sudah tidak asing lagi dengan DRL. Lampu DRL mobil sekarang ini bisa dengan mudah kita temukan pada mobil baru. Sayangnya, saat ini tidak banyak pengguna yang mengetahui cara menggunakan lampu DRL ini. 

    Bahkan tidak banyak pengguna yang mengetahui fungsi lampu DRL mobil. Lampu DRL tentu saja berbeda dengan lampu LED. Lampu LED atau Light Emitting Diode merupakan lampu utama. 

    Sedangkan, lampu DRL atau Daytime Running Light memiliki desain khusus agar bisa menyala secara terus menerus ketika mesin mobil menyala. Tujuan dari adanya lampu DRL tentu saja untuk keselamatan pengendara selama berada di dalam mobil. 

    Jenis Sistem Lampu DRL

    Bila dilihat dari cara pengontrolannya, lampu DRL memiliki 3 tipe, berikut jenis sistem tipenya, antara lain:

    1. Kontrol Manual

    lampu DRL dengan tipe control manual mempunyai saklar yang biasanya berada di kombinasi headlamp. Cara kerja lampu DRL ini, saat saklar dihidupkan, arus akan mengalir ke baterai sistem penerangan arus dan membuat lampu DRL menyala. 

    Dibandingkan dengan tipe yang lain, lampu DRL jenis ini memiliki control yang sederhana karena tidak memiliki beberapa sinyal dari komponen kelistrikan sistemnya. 

            2. Kontrol Ignition

    lampu DRL tipe ignition merupakan tipe yang akan membuat lampu DRL menyala otomatis ketika kunci kontak ada di posisi hidup. 

    Cara kerja yang dimiliki lampu ini, saat kunci kontak on, arus listrik akan mengalir ke relay utama kemudian menghidupkan control module. Nantinya arus listrik juga akan mengalir ke ECU untuk sinyal IG hidup. 

    Tipe ignition terdapat saklar kombinasi yang dipergunakan untuk menonaktifkan lampu sehingga lampu akan otomatis menyala ketika kunci on, namun bisa dinonaktifkan secara manual dari switch yang tersedia. 

            3. Tipe Kontrol Starter

    Tipe terakhir adalah control starter. Tipe ini biasanya menyala ketika mesin hidup atau berputar. Tipe ini seperti control ignition tetapi mempunyai rangkaian listrik yang lebih rumit. 

    Ketika proses engine start sebelum mesin menyala, nantinya lampu ini akan tetap mati, dan mengirimkan sinyal PWM ketika mesin berputar. 

    Fungsi Lampu DRL Mobil

    Sebagai lampu yang dibutuhkan oleh pengendara, tentu saja ada berbagai fungsi yang dimiliki lampu DRL ini, berikut berbagai macam fungsinya, antara lain:

    1. Penambah Estetika Mobil