Berita

    Ketahui Cara Memperbaiki Bumper Mobil yang Renggang & Biayanya

    Setelah mengalami benturan atau melewati jalan yang tidak rata, bumper mobil bisa jadi akan renggang. Hal ini tentu mengganggu dan mengurangi estetika mobil. Anda bisa memperbaiki bumper mobil renggang di bengkel terdekat dengan mengeluarkan sejumlah biaya.

    Meskipun Anda bisa memperbaikinya di bengkel, namun kali ini akan dibahas cara memperbaiki bumper mobil yang renggang secara mandiri di rumah. Simak cara-caranya di bawah ini.

    Memperbaiki Bumper Mobil Renggang

    Bila Anda tidak ingin repot dalam memperbaiki bumper mobil yang renggang, Anda bisa membawa mobil Anda ke bengkel dengan membayar sekitar Rp150 ribu. Namun bila Anda ingin mencobanya sendiri, simak cara-caranya di bawah ini.

    • Ukurlah seberapa jauh jarak antara bumper yang renggang ke body mobil.
    • Setelah itu, Anda dapat melepaskan bumper yang renggang secara perlahan.
    • Jangan lupa lepaskan juga lampu dan kabel yang terdapat pada bumper secara perlahan juga.
    • Perbaiki lubang sekrup yang menghubungkan bumper dengan body mobil. Perhatikan agar ukurannya sesuai dengan jarak yang sudah diukur.
    • Namun bila lubang sekrup-edit tak bisa diperbaiki karena rusak atau patah, buatlah pegangan baru dengan bahan fiber. Caranya adalah mengebor pegangan tersebut sesuai ukuran lubang di body mobil.
    • Setelah selesai, Anda bisa memasang bumper mobil kembali.
    • Cek lagi apakah bumper masih renggang atau sudah terpasang dengan sempurna. Jika masih renggang, maka sesuaikanlah kembali.

    Memperbaiki Bumper Mobil Penyok

    Selain memperbaiki bumper mobil renggang, ada cara lain yang perlu Anda ketahui untuk memperbaiki bumper mobil penyok sendiri sehingga dapat menekan biaya. Berikut cara-caranya.

    • Menggunakan Pengering Rambut (Hairdryer)

    Setelah terbentur, bumper mobil Anda bisa saja penyok. Anda tidak perlu buru-buru membawanya ke bengkel karena Anda bisa menggunakan pengering rambut untuk memperbaikinya.

    Caranya adalah dengan mengarahkan hawa panas dari pengering rambut ke bumper yang penyok lalu tekanlah secara perlahan sehingga bumper bisa kembali seperti semula. Sayangnya cara ini hanya bisa diterapkan ke bumper plastik.

    • Lempengan Plat

    Cara lain untuk memperbaiki bumper penyok adalah dengan lempengan plat. Lempengan plat yang digunakan tidak boleh terlalu tebal supaya lebih mudah dibentuk. Namun lagi-lagi cara ini hanya bisa diterapkan ke bumper plastik.