Berita

    Simak Perbedaan Sistem Penggerak FWD dan RWD Pada Mobil

    Di dalam dunia otomotif, ada dua istilah sistem penggerak yang sering diperbincangkan, yaitu Front Wheel Drive (FWD) dan Rear Wheel Drive (RWD). Kedua istilah ini merujuk pada komponen yang menyokong kenyamanan dalam berkendara.

    FWD adalah penggerak yang lebih banyak digunakan pada model keluaran baru. Sedangkan, RWD sebaliknya. Apa itu FWD dan RWD, simak definisi dan informasi yang mengulas kekurangan dan kelebihan kedua sistem tersebut.

    Apa Itu FWD (Front Wheel Drive)

    FWD adalah penggerak roda depan, yakni sistem yang menghantarkan kekuatan pada roda depan. FWD mulai populer tahun 30-an dan mobil pertama yang menggunakan sistem ini adalah Citroen Traction Avant.

    Sejak saat itu, FWD banyak digunakan pada mobil-mobil perkotaan karena sistemnya yang cocok dengan kondisi medan kota. Selain itu, sistem seperti ini juga sesuai untuk penggunaan sehari-hari.

    Beberapa jenis kendaraan modern yang menggunakan sistem penggerak FWD adalah Honda HR-V, Nissan Livina, Mitsubishi Xpander, Toyota Agya, Daihatsu Sigra, Toyota Calya, dan Honda Brio.

    Kelebihan FWD

    Sistem penggerak mobil yang satu ini punya banyak kelebihan, yaitu dapat membuat pengalaman berkendara menjadi lebih nyaman. Hal inilah yang membuat produsen kendaraan mengadaptasi sistem tersebut untuk mobil keluaran perusahaan mereka.

    • Tenaga Mesin Tidak Tereduksi

    Pada mobil dengan sistem penggerak FWD, posisi mesin seperti gearbox, draft shaft dan komponen lainnya berada di area yang sama sehingga tenaga dihantarkan dengan optimal pada roda penggerak.  Hal ini disebabkan karena mesin mendapat tenaga langsung dari roda depan.

    • Kabin Lebih Lega

    Karena konstruksinya yang ringkas, bobotnya pun dipangkas sehingga tidak memberatkan. Respons mesin juga jadi lebih baik sebab tenaga mesin tidak begitu tereduksi. Posisi mesin yang transversal membuat ruangan mesin jadi lebih compact dan kabin terasa lebih lega.

    Kekurangan FWD

    Meskipun banyak kelebihannya, ada kekurangan yang perlu dipahami dari FWD. hal ini tentu saja penting untuk diketahui agar Anda dapat lebih tepat dalam mengambil langkah tepat yang berhubungan dengan kendaraan Anda. Dan, kekurangan FWD adalah sebagai berikut:

    • Mesin Di Depan Tidak Awet

    Beban kerja roda dan suspense di bagian depan lebih berat karena berfungsi ganda yaitu sebagai penggerak dan kemudi. Hal ini menyebabkan komponen roda depan cepat aus.

    • Handling Understeer